Mengumpulkan Berita Unik, Lucu, Seram, Aneh, Dan Langka

CAHAYA SMARTPHONE DAN KOMPUTER BISA BUAT GENDUT ? MASA SIH ??

Tidak ada komentar
Serba Unik - Kalau kegemukan di akibatkan karena pola makan yang tidak terkontrol, mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan tidak perlu diperdebatkan, namun menurut penelitian terbaru, kegemukan terjadi karena disebabkan oleh perangkat elektronik.

Menurut sebuah penelitian, menggunakan komputer atau smartphone pada malam hari dapat menyebabkan kegemukan karena paparan cahaya biru yang keluar dan perangkat elektronik yang menggunakan layar tersebut dapat meningkatkan rasa lapar seseorang.

Seperti yang dilansir the Daily Mail (03/06), bahkan paparan cahaya tersebut juga tidak terpengaruh apakah seseorang sudah makan sebelumnya atau belum.

Paparan cahaya biru yang kebanyakan digunakan sebagai penerang layar perangkat elektronik seperti smartphone, table, phablet atau juga komputer lebih berperan aktif meningkatkan gairah makan dibandingkan dengan paparan cahaya redup.

Ivy Cheung dari Northwestern University, Chicago, menjelaskan, "Terangnya paparan cahaya biru tersebut terbukti menurunkan rasa kantuk di malam hari dan meningkatkan resiko insomnia. Karena insomnia muncul maka, rasa lapar secara otomatis akan menyerang anda dan memicu aktivitas metabolisme glukosa."

Dalam penelitian tersebut, Cheung menggunakan data yang diambil dari 10 relawan dewasa. Ke-10 orang tersebut diatur dengan pola makanan sehat dan jadwal tidur yang sehat.

Percobaan itu dilakukan selama 4 hari. Awalnya peneliti menggunakan cahaya redup sekitar kurang dari 20 lux selama 16 jam untuk tetap terjaga dan 3 lux selama 8 jam untuk tidur. Pada hari berikutnya, ke-10 orang tersebut dicoba dengan menerima paparan cahaya sebesar 260 lux dengan waktu 10.5 jam untuk terjaga.

Dari percobaan tersebut, akhirnya terungkap bahwa memang cahaya yang sangat terang mempengaruhi metabolisme dan rasa lapar terhadap seseorang.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar